Pertama kali Menggunakan KA Serayu (2)

Pertama kali Menggunakan KA Serayu (2)

Bismillah

Ini adalah lanjutan dari tulisan ane yang sebelumnya : Pertama kali Menggunakan KA Serayu

pertama-naik-serayu

setelah mencetak tiket di mesin cetak tiket, ane pun masuk ke dalam peron kereta. Sudah ada petugas yang sudah berjaga di pintu masuk. Ada beberapa hal yang di cek agar bisa masuk ke dalam peron, yaitu kartu identitas dan tiket kereta. Ketika memasuki peron, Kereta Serayu yang akan saya naiki sudah menunggu di sana.

kereta-api-ka-serayu

Seperti yang terlihat pada papan nama yang tertempel di gerbong kereta, Kereta Serayu yang akan ane naiki memulai perjalanannya dari Stasiun Pasas Senen ke Purwokerto. Rute yang dilewati Kereta Serayu ini melewati Stasiun Purwakarta, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cibatu, dan beberapa stasiun lainnya. Katanya, jalur ini menawarkan pemandangan indah ketika melintas mulai dari Stasiun Purwakarta. Kereta ini akan melewati jalur pergunungan yang berkelok. Karena tujuan pemberhentian ane adalah Garut, ane akan turun di Stasiun Cibatu.

Ketika masuk ke dalam kereta, ane sempat berpikir dimana ane meletakan ransel yang ane bawa. Jika ane menggunakan bus, bagasi yang terletak di atas tempat duduk hanya muat untuk barang-barang kecil saja. Ternyata bagasi yang terletak di atas tempat duduk kereta cukup luas, dan itu cukup untuk meletakan sebuah ransel yang terisi penuh.

  • Jakarta - Purwakarta

Kereta pun berjalan dari Stasiun Pasar Senen. Setelah beberapa saat, kereta tiba di Stasiun Bekasi. Sebelumnya, ane merencanakan berangkat dari stasiun ini, namun tidak bisa. Setelah berhenti di stasiun ini, kereta ini kembali melanjutkan perjalanannya. Kereta ini juga sempat berhenti di beberapa stasiun yang lain, hingga akhirnya Kereta Serayu yang ane gunakan berhenti di Stasiun Purwakarta.

Kereta berhenti agak lama di sini. Beberapa penumpang terlihat turun dari gerbong. Ane pun ikut turun dari gerbong untuk sedikit melihat-lihat apa yang ada di stasiun ini. Katanya, stasiun ini menyimpan 'bangkai' kereta yang sudah tidak aktif lagi. Untuk mencari keberadaannya pun tidak sulit. Para kereta itu di letakan di samping rel.

stasiun-purwakarta

Setelah puas melihat-lihat, ane kembali masuk ke dalam kereta. Setelah beberapa menit, kereta kembali
melanjutkan perjalanannya.

  • Purwakarta - Garut

Dari Purwakarta menuju Garut, ane disuguhkan dengan banyak pemandangan yang indah. Banyak jalanan yang berkelok sepanjang rute perjalanan ini. ketika berbelok, ane bisa melihat lokomotif yang menarik kereta. Kereta ini juga melewati beberapa jembatan yang menyuguhkan pemandangan yang indah.

Setelah beberapa saat, akhirnya kereta ini singgah di Stasiun Cibatu. Ane turun di stasiun ini untuk melanjutkan perjalanan ane ke tempat tujuan ane. Sedangkan Kereta Serayu hanya singgah beberapa saat dan melanjutkan perjalanannya menuju Purwokerto.

stasiun-cibatu-wikipedia
Stasiun Cibatu, sumber : Wikipedia

Terdapat gerbong makan yang bisa kalian datangi saat melakukan perjalanan bersama Kereta Serayu. Sesuai dengan namanya, gerbong ini menjajakan makanan, minuman, dan snack yang bisa kalian beli. Di gerbong ini juga disediakan beberapa kursi yang bisa kalian gunakan untuk menyantap makanan. Di gerbong ini, kalian bisa makan sambil ditemani suara 'gujes-gujes' kereta.

Komentar