Situ Cibulakan Garut : Satu dari Sekian Destinasi Gratis

Situ Cibulakan Garut

Bismillah
Jika libur panjang sudah mulai mendekat, rasa senang pun sudah muulai mulai menghampiri. Biasanya, Banyak perantau yang mempersiapkan diri untuk pulang kampung. Atau, pergi ke rumah kakek, nenek, dan sanak saudara untuk menjalin silaturahmi dan agenda terselubung lainnya. Ya, jalan-jalan!

Senangnya jika mempunyai saudara yang tinggal di desa. Melihat berbagai macam aktivitas yang penduduk desa lakukan, menjadi hiburan tersendiri bagi beberapa warga kota. Ditbiambah lagi, terkadang warga kota bisa menemukan beberapa tempat indah yang tersembunyi dengan bantuan penduduk desa.

Ane sendiri punya tempat favorit untuk dikunjugi di kala bertandang ke kampung. Bagi orang lain, mungkin tempat ini terasa biasa. Tapi bagi ane, tempat ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Ketika tiba di desa, ane berusa sempatkan diri ke tempat kejadian perkara. Selain karena dekat dari rumah saudara, ada alasan lain mengapa ane sering berkunjung ke tempat ini. Ya, biasanya ane tidak bisa berkunjung ke tempat wisata karena keterbasan (ehem...) dana.
situ-cibulakan
Situ Cibulakan, inilah tempatnya...
Situ cibulakan ini terletak di Kecaamatan Cisurupan, Garut. Banyak hal yang menjadikan tempat ini menarik untuk dikunjungi, lagi, dan lagi. karenanya, ane berusaha menyempatkan untuk bermain ke sini setiap kali berkunjung ke kota yang terkenal dengan dodolnya ini. Inilah yang menjadi alasannya :

  • Berada di Tengah Sawah Terasering

Sawah terasering di perjalanan menuju TKP
Situ ini berada di tengah luasnya hamparan sawah terasering, khas pegunungan. Ketika bermain kesini, rasanya kedua mata ini sangat dimanjakan dengan indahnya petak-petak sawah yang tersusun bagai anak tangga. Sepertinya, lebih cantik lagi jika berkunjung di saat tanaman padi baru tumbuh menghijau.

Baca juga : Traveling Asik Tanpa Bablas

  • Pemandangan Segar Sepanjang Perjalanan

gunung-cikuray
Gunung Cikuray dan kebun milik warga
Rute yang dilalui juga tak kalah keren. Beberapa kebun milik warga siap menemani sebagian perjalanan menuju lokasi ini. Terlihat juga Gunung Cikuray yang menjulang ke atas dan Gunung Papandayan yang tertancap kokoh dengan kawahnya yang sekali-sekali terlihat mengepulkan asap.

  • Bendungan dan Suara Air Mengalir

Bendungan (yang dilingkari)
Terdapat bendungan air cukup besar untuk membendung air di tempat ini.Bendungan ini bisa dilewati oleh orang. Di bendungan ini, terdapat pintu air. Mungkin air di sini digunakan untuk mengairi sawah sekitar kawasan ini. Senang rasanya mendengar suara air yang keluar dari pintu ini. Seperi berada di air terjun. Bendungan ini juga asik untuk menghabiskan beberapa cemilan.

Baca juga : Tempat Berkemah di Bogor : Curug Cilember

  • Tiket Masuk Nol Rupiah

Sumber : Pixabay
Ini dia alasan utama kenapa ane sering mengunjungi tempat ini. Tidak ada loket, tiket, dan abang-abang penjaga loket. Siapapun boleh berkunjung ke sini. Modal semangat, dapat hemat. Sangat ramah di kantong.

Tidak banyak yang berkunjung ke tempat ini. Mungkin hanya warga sekitar dan para petani yang berkunjung  ke sini. Sesekali, kita dapat menemukan tanaman mint yang tumbuh di pinggir Saat pertama bermain ke sini, ane sedikit heran. Kenapa daun mint bisa tumbuh di pedesaan seperti ini? Ane sendiri jarang menemukan dan menggunakan daun mint kota.


Daun Mint yang ditemukan di sekitar sawah
Dengan dana minimal, bisa mendapatkan kesenangan maximal. Jika ingin berpetualang, sesuaikanlah keinginan kalian dengan apa yang kalian punya. Jangan terlalu memaksakan. Silahkan jika ingin berkunjung ke tempat yang agak mahal, tapi jangan berlebihan, apalagi sampai melupakan kewajiban.

Memang benar, traveling adalah sesuatu yang memberikan manfaat dan tidak dilarang selama tidak melanggar larangan yang ada. Tetapi, apakah anda rela untuk meninggalkan manfaat yang lebih besar dan mengambil manfaat yang kecil? Sibuk untuk melakukan hal-hal yang bersifat mubah merupakan salah satu tangga yang ditapaki setan untuk menyesatkan manusia. Semoga kita di beri kemudahan dan semakin bijak untuk mengatur apa yang telah diberikan kepada kita.

Komentar

  1. wah adem banget lihat hamparan sawah , kebun , bendungan dan situ, mantap

    BalasHapus

Posting Komentar