Gua Terawang, Tempat Wisata Unik Seperti Tempat Jatuhnya Mr. Bean

Gua Terawang, Tempat Wisata Unik Seperti Tempat Jatuhnya Mr. Bean

Masih ingat Mr. Bean? Kamu pasti tahu intronya yang saat jatuh dari langit kan?

Ternyata di Indonesia ada tempat yang mirip seperti tempat ketika Mr.Bean jatuh dari langit. Jika kamu sedang berada di Kabupaten Blora, luangkanlah waktumu untuk mengunjungi Gua Terawang. Gua terawang adalah sebuah tempat wisata yang berada di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Tempat ini adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Blora.

Jika kamu ingin pergi ke tempat ini, tidak perlu khawatir dengan jalan yang berlubang khas pedesaan. Karena akses jalan menuju Gua Terawang sudah sangat baik. Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Blora, atau 30 menit jika kamu mengawali perjalananmu dari Terminal Ngawen. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Tidak ada angkutan umum untuk pergi kesana. Jika kamu ingin berjalan kaki, maka kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan pohon jati yang tertata rapi dari kejauhan. Sesekali kamu akan memasuki hutan jati yang sangat rimbun. Kamu juga akan dimanjakan dengan sawah dan jalan yang berkelok.

Sesampainya di tempat, kamu harus membeli tiket untuk masuk dan parkir di area Gua Terawang. Harga tiketnya adalah Rp.15,000,00- / orang dan Rp.5,000,00- / kendaraan. Jadi, jika kamu kesana dengan membawa motor bersama satu orang teman kamu, maka kamu harus membayar Rp.35,000,00-.

Ketika kamu mulai melangkahkan kaki menyusuri tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya pohon jati yang menjulang tinggi. Tempat ini memang berada di dalam hutan jati yang eksotis dan dikelola oleh Perhutani Kabupaten Blora.

Banyak pohon jati

Jarak dari pintu masuk ke mulut gua pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 50 meter. Kamu tidak perlu takut tersesat karena disana ada tanda penunjuk arah yang akan membantumu.

Ketika masuk ke mulut gua, kamu harus menuruni beberapa anak tangga. Dan ketika kamu sudah berada di lorong gua yang gelap, kamu akan melihat sebuah ruangan besar yang disinari oleh sinar matahari dari langit-langitnya. Mirip seperti intro Mr. Bean pada saat jatuh dari langit, walaupun gak terlalu mirip. Tempat ini mempunyai lima gua kecil yang sama-sama mempunyai atap terbuka ke arah langit.

Cobalah kunjungi tempat ini pada siang hari, dari jam 12:30 sampai dengan 14:00.

Di area tempat wisata ini juga ada tempat bermain anak-anak. Di sana juga sudah tersedia toliet. Kamu juga bisa menyewa ATV dengan membayar Rp.7,000,000,- (jika belum naik harganya). Di sana juga ada beberapa tempat yang dihias untuk berfoto. Tetapi, fasilitas tersebut sudah banyak yang rusak. Mungkin akan lebih baik jika pengelola memperbaiki tempat tersebut, atau menghilangkannya agar lebih rapi dan memperkuat suasana alami.

Walaupun ada beberapa yang harus diperbaiki, tempat ini tetap boleh di coba. Menikmati indahnya sinar matahari yang masuk ke dalam gua merupakan hiburan yang menyenangkan. Dan membuat kita berfikir, apakah tempat yang alami ini ada dengan sendirinya? Ataukah ada yang menciptakannya?

Pasti ada yang menciptakannya.

Bagaimana, apa kamu tertarik mengunjungi tempat ini?

Komentar